Bagaimana Berat Badan Dapat Mempengaruhi Kesuburan Anda

Bagaimana Berat Badan Dapat Mempengaruhi Kesuburan AndaTahukah anda? Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang memiliki kelebihan berat badan butuh waktu dua kali lebih lama dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat bada normal. Yang lebih mengejutkan lagi untuk studi yang sama, bahwa wanita yang berat badannya kurang (kurus) butuh waktu empat kali lebih lama untuk bisa hamil dibanding dengan mereka yang memiliki berat badan normal.

Jika Indeks Massa Tubuh (IBM) anda normal maka anda tidak perlu khawatir jika berat badan anda akan berdampak negatif pada kesuburan anda. Lalu apakah ini berarti bawah anda akan memperoleh kehamilan dengan lebih cepat? Tidak, berat badan hanya salah satu dari banyak faktor yang bisa mempengaruhi kesuburan. Mari kita anggap anda tidak memilik hambatan untuk bisa memperoleh kehamilan namun untuk berada pada posisi aman, alakgkah lebih baik lagi jika anda melakukan pemeriksaan prakonsepsi dan mencoba metode alami yang bisa meningkatkan kesuburan anda, terutama jika ini butuh waktu yang jauh lebih lama dari yang telah anda antisipasi sebelumnya.

Jadi apa yang harus dilakukan jika anda kelebihan berat bada atau terlalu kurus sementara anda berusaha untuk hamil. Berusahalah agar berat badan anda berada pada tingkat normal.

Jika saat ini anda kelebihan berat badan, mulailah berolahraga secara teratur, jangan lakukan kesalahan dengan berolahraga terlalu berat karena bisa membahayakan kesuburan anda. Jika anda tidak punya olahraga yang cukup, atau tidak pernah berolahraga sama sekali, secara perlahan-lahan mulailah berolahraga aerobik sedang setidaknya setengah jam perhari. Anda juga harus memperhatikan makan yang anda makan. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran, serta makanan mengandung asam folat, mineral, dan antioksidan.

Sedangkan jika anda terlalu kurus, anda perlu menambah berat anda. Anda bisa mulai dengan memakan makanan bergizi, makanan berkalori tinggi, terutama yang kaya akan protein.

Dalam usaha menurunkan dan menaikkan berat badan tentu butuh waktu dan komitmen namun jika anda dapat mengupayakannya hingga memperoleh berat badan normal, anda akan mulai memetik hasil usaha anda yang salah satunya memperoleh kesuburan yang lebih baik.

Perlu di catat, berat badan hanya salah satu dari banyak faktor yang dapat mempengaruhi peluang anda untuk memperoleh kehamilan. Jadi, jika anda sedang sedang mencoba untuk bisa hamil dan sudah berlangsung lama. Lakukan apapun yang mungkin dapat anda lakukan untuk bisa meningkatkan kesuburan anda. Selain memperoleh berat badan yang normal, ada banyak cara cepat hamil yang benar-benar dapat meningkatkan peluang anda untuk memperoleh kehamilan.