Frigiditas Bikin Susah Hamil?

Frigiditas - via saglikhaber.org

Frigiditas – via saglikhaber.org

Calon Ibu, salah satu syarat agar wanita cepat hamil adalah rutin melakukan hubungan seksual di masa suburnya. Tentunya, tidak lupa dengan menjalani usaha-usaha untuk meningkatkan kesuburan suami dan istri.

Tapi, bagaimana jika sang istri mengalami frigiditas? Akankah kasus ini membuat wanita susah hamil? Untuk menjawabnya, mari kita kupas lebih lanjut!

Apa itu frigiditas?

Frigiditas adalah keadaan di mana seorang wanita tidak mampu atau tidak punya kepekaan tubuh dengan rangsangan sensual dari suami. Walau masih bisa berhubungan seksual dan melakukan penetrasi, wanita frigid akan sulit menikmati rangsangan atau mencapai kenikmatan sekaligus. Pada masyarakat umum, gejala ini biasa disebut sebagai seks dingin.

Apa penyebabnya?

Ada dua macam penyebab frigiditas pada wanita, yaitu kondisi organik dan kondisi non-organik. Kondisi organik adalah kondisi atau penyakit yang dapat menimbulkan gangguan rasa, seperti rasa sakit dan nyeri pada saat berhubungan seksual. Karena rasa sakit yang mendominasi tersebut, orgasme tidak bisa dirasakan sama sekali.

Sedangkan kondisi non-organik adalah kondisi di mana seorang wanita tidak merasakan kenikmatan seksual karena faktor psikis. Sebut saja karena pola pikir atau adanya trauma di masa lalu.

Apakah gejala ini punya ciri fisik?

Ya, gejala ini dapat dilihat secara fisik. Caranya adalah dengan melihat lubrikasi dan elastisitas vagina. Jika lubrikasi dan elastisitasnya berkurang, inilah tanda frigiditas menimpa Anda. Selain itu, klitoris pun nampak membesar dan sensasi pada area-area tubuh yang sensitif mendadak menurun.

Lalu, apakah wanita frigid susah hamil?

Tidak. Selama masih memungkinkan terjadi penetrasi antara suami dan istri, wanita frigid tetap bisa hamil. Pembuahan sperma terhadap sel telur pun masih bisa terjadi. Yang hilang hanyalah kenikmatan seksual si istri saja.

Yang membuat susah hamil adalah jika penyebab frigiditas (rasa sakit, trauma), membuat sang istri kapok dan tidak ingin berhubungan sama sekali. Kalau sudah begini, bagaimana mungkin ada penetrasi dan pembuahan sel telur?

Apakah gejala ini bisa diatasi? Bagaimana caranya?

Tenang! Frigiditas bisa diatasi, kok! Cobalah teknik penetrasi yang berbeda dari sebelumnya. Anda dan suami bisa merubah posisi, suasana, dan tempat untuk berhubungan. Bisa juga melakukan lubrikasi tambahan agar tidak merasakan nyeri, bila perlu. Namun, pastikan lubrikasi yang dipilih tidak mengandung spermisida (dapat mematikan sperma) dan pH-nya netral untuk vagina. Atau cukup dengan air saja jika tidak bisa memastikan keakuratan produk lubrikasi.

Untuk frigiditas non-organik, kunci mengatasinya adalah pola pikir. Bila pola pikir Anda positif, maka frigiditas bisa hilang. Perbanyak pula komunikasi dengan suami. Kencan dan ulanglah masa-masa pacaran agar romantisme datang.

Calon ibu, sekarang sudah paham bukan kalau wanita frigid masih bisa hamil? Meski begitu, jangan biarkan kasus ini menimpa Anda. Sebab, gejala ini disinyalir mampu menciptakan kerenggangan hubungan antara suami dan istri. Meminta suami untuk selalu mendukung, baik dalam rencana kehamilan dan mengatasi problem frigiditas, adalah solusi termanis untuk rumah tangga Anda.

Tetap semangat dan selamat merencanakan kehamilan!