Ingin Meningkatkan Fertilitas? Jagalah Kualitas Sperma

Ingin Meningkatkan Fertilitas? Jagalah Kualitas SpermaSperma yang berkualitas adalah faktor penentu fertilitas seorang pria.  Kualitas sperma yang buruk menjadi salah satu penyebab seorang wanita sulit untuk hamil. Seorang pria yang ingin menjadi ayah, disarankan senantiasa lindungi sperma.

Menurut Dale McClure, Ketua Kesehatan Reproduktif Masyarakat Amerika, pemilihan pakaian dalam pria tampaknya dapat mempengaruhi suhu daerah kemaluan.  Celana dalam seperti celana boxer akan mempetahankan suhu daerah kemaluan ke suhu basal.  Penelitian terkini menujukkan bahwa celana boxer  adalah pilihan terbaik dan memberikan perbedaan yang berarti dalam merangsang fertilitas.

Bagaimana dengan pajanan testis terhadap suhu panas? Dale McClure mengatakan bahwa menjaga suhu daerah kemaluan tidak berperan banyak dalam merangsang fertilitas.  Akan tetapi beberapa dokter  merekomendasikan untuk menjauhi sumber panas tertentu. Sebagai contoh, duduk dalam bak mandi berisi air panas setiap hari , harus dihindari.  McClure mengatakan, seorang pria harus menghindarinya bahkan jika seorang pria memiliki masalah fertilitas yang belum diketahui.  Setidaknya pada satu penelitian didapatkan bahwa  pajanan berulang terhadap air panas di bak mandi atau pemandian air panas dapat mempengaruhi fertiitas pria.

Akan tetapi, tidak ada penelitian yang secara jelas menunjukkan hubungan antara pajanan terhadap benda panas lainnya dan fertilitas pria. Hanya ada satu penelitian yang menunjukkan bahwa suhu scrotum  meningkat pada pengguna laptop yang menaruh laptop di atas paha mereka dalam jangka waktu yang lama.  Suhu panas ini dapat merusak kualitas sperma.

Penelitian lain menemukan bahwa pajanan terhadap radiasi telepon seluler dapat mempengaruhi kualitas sperma yang telah dikumpulkan dari para partisipan.  Para peneliti dalam studi tersebut berpikir bahwa menaruh telepon seluler dalam kantong celana dapat mempengaruhi kualitas sperma pada pria.

Saat penelitian lain cukup membuktikan bahwa pajanan panas dapat merusak sperma dan dapat mempengaruhi fertilitas, Mc Lure tetap mengatakan bahwa pria yang ingin menjadi ayah seharusnya tidak meletakkan laptop di atas paha jika sedang digunakan pada waktu yang lama.  Dengan tetap mempetimbangkan temuan di atas, Mc Lure berpendapat bahwa berendam dalam bak mandi air panas dapat mempengaruhi fertilitas pria.