Jerawat Vagina dan Penyebabnya

jerawat vagina

Apa penyebab jerawat vagina? – via lily-sunrise.com

Calon ibu, Anda pasti sudah tidak asing dengan jerawat yang sering mengganggu pada wajah. Tapi, bagaimana dengan jerawat vagina? Apa Anda pernah mendengarnya atau jangan-jangan mengalaminya pula? Apa penyebabnya dan apakah ia mempengaruhi kesuburan? Mari kita simak penjelasan berikut!

Apa Itu Jerawat Vagina?

Jerawat vagina adalah benjolan kecil di area vagina. Di dunia medis, benjolan ini dikenal dengan sebutan sebacceous cyst. Ketika wanita sedang menstruasi, kelenjar keringat di sekitar vagina bekerja lebih aktif. Kalau ada kotoran yang menyumbat sedikit saja dan Anda malas merawat kebersihan organ intim, jerawat akan timbul.

Apa Bedanya dengan Jerawat pada Wajah?

Jerawat pada vagina berbeda dengan jerawat pada wajah. Jika jerawat wajah berhubungan dengan kelenjar minyak, jerawat vagina berkaitan dengan kelenjar keringat (apokrin). Kelenjar ini akan membentuk jerawat ketika tersumbat kotoran.

Apa Saja Pemicunya?

Selain karena kerja kelenjar keringat yang sangat aktif, jerawat pada vagina juga bisa dipicu oleh penggunaan celana dalam yang ketat. Karena celana tersebut, sirkulasi udara tidak ada dan menimbulkan keringat. Akhirnya, keringat memicu sumber bakteri. Gesekan karena ketatnya celana pun mampu menimbulkan lecet. Lecet yang terpapar bakteri berpotensi memunculkan potensi infeksi.

Menggunakan pembalut terlalu lama atau menunggu pembalut penuh, juga beresiko pada jerawat di area vagina. Idealnya, pembalut diganti setiap 4 jam agar kulit tidak lembab. Di luar itu semua, ada pula yang bisa mengalami jerawat vagina karena faktor siklus hormonal, konsumsi makanan berlemak, reaksi alergi, penggunaan deterjen yang keras untuk mencuci pakaian dalam, dan stres.

Apakah Jerawat Vagina Berbahaya?

Anda tidak perlu khawatir. Jerawat ini tidak berbahaya dan bisa diatasi dengan obat luar atau dalam. Karena itu, ia juga tidak mempengaruhi kesuburan. Tapi ini bukan berarti Anda boleh lengah. Jika jerawat vagina tidak cepat ditangani, infeksi lanjutan bisa mengancam. Anda pun tidak akan pernah tahu dampak yang mungkin diakibatkan. Karenanya, kehadiran jerawat vagina harus diwaspadai sedini mungkin.

Calon ibu, itulah penjelasan singkat tentang jerawat pada vagina dan penyebabnya. Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah jaga selalu kebersihan dan kesehatan organ intim Anda. Dengan begitu, beragam problem dan penyakit enggan datang. Rencana kehamilan Anda pun tidak akan berarkhir sia-sia. Tetap semangat merencanakan kehamilan, ya!