Kenali dan Antisipasi Ragam Masalah Penyebab Ketidaksuburan Pada Pria

Kenali dan Antisipasi Ragam Masalah Penyebab Ketidaksuburan Pada PriaAnda dan istri mungkin sudah sangat lama mendambakan hadirnya buah hati dalam keluarga kecil Anda. Cerita dari kawan-kawan tentang suara tangisan bayinya yang mengganggu pada larut malam kerapkali membuat Anda iri, bukannya menghindari. Tapi, apa daya karena Anda dan istri hingga kini tak juga dianugerahi seorang bayi.

Jangan berputus asa para calon Ayah dan Ibu! Akuinginhamil.com kerap berbagi segala hal tentang problema kesuburan yang layak Anda simak. Tak hanya kesuburan wanita, pada artikel ini akuinginhamil.com akan berbagi tentang penyebab ketidaksuburan pada pria spesial untuk Anda, para suami dan calon Ayah.

Masalah dengan semen atau air mani

Ketidaksuburan pria bisa disebabkan oleh kondisi semen yang abnormal. Semen sendiri adalah cairan yang mengandung sperma yang pria ejakulasikan selama berhubungan seksual. Kondisi ini bisa disebabkan karena beberapa faktor, yaitu:

1. Sperma dalam jumlah yang rendah

Anda mungkin memiliki jumlah sperma yang rendah atau bahkan malah tidak ada sama sekali.

2. Mobilitas sperma yang menurun

Ketika mobilitas sperma Anda menurun, tentu saja sperma akan menjadi lebih sulit untuk berenang menuju sel telur.

3. Bentuk sperma yang abnormal

Jika sperma Anda memiliki bentuk yang tidak biasa, maka sperma akan sulit bergerak atau berenang, serta membuahi sel telur.

Banyak sekali kasus semen abnormal yang hingga kini belum bisa dijelaskan. Namun, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi air mani dan sperma sebagai berikut:

1. Testikel

Testis bertanggung jawab untuk memproduksi dan menyimpan sperma. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kualitas sperma itu sendiri bermacam-macam, di antaranya:

  • Adanya infeksi pada testis Anda
  • Kanker testis
  • Operasi testis
  • Adanya cacat bawaan, di mana problem ini sudah Anda bawa semenjak lahir
  • Testis Anda tidak turun, di mana salah satu atau kedua testis Anda tidak turun ke dalam skrotum
  • Adanya cedera pada testis Anda
  • Tidak adanya sperma

Ketika testikel Anda mampu menghasilkan sperma, ada kemungkinan di mana sperma tidak selalu mencapai air mani atau semen Anda. Hal ini dikarenakan adanya penyumbatan di salah satu tabung kecil yang turut membentuk sistem reproduksi Anda, yang mungkin disebabkan oleh infeksi atau pembedahan.

2. Gangguan ejakulasi

Beberapa pria banyak ditengarai mengalami gangguan ejakulasi. Hal ini membuatnya sulit mendapatkan mendapatkan momongan.

3. Hipogonadisme

Hipogonadisme adalah level rendah testosteron (hormon seks pria yang terlibat dalam pembuatan sperma) yang terbilang abnormal. Hipogonadisme bisa disebabkan oleh tumor, konsumsi narkoba yang ilegal, atau sindrom Klinefelter. Sindrom Klinefelter sendiri dikenal sebagai kondisi genetik langka di mana pria lahir dengan kromosom perempuan tambahan.

4. Obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan terkadang memiliki efek menyebabkan infertilitas, baik dalam jangka waktu yang panjang maupun pendek. Beberapa di antaranya adalah:

  • Sulfasalazine, yaitu obat anti inflamasi yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit Crohn (radang usus) dan rheumatoid arthritis (bengkak yang menyerang sendi)
  • Steroid anabolik. Obat tipe ini sering digunakan secara ilegal untuk membangun otot dan meningkatkan kinerja atletik.
  • Kemoterapi
  • Obat herbal. Meski dikenal aman, ada beberapa obat herbal jenis tertentu seperti ekstrak akar Tripterygium wilfordii (ramuan Cina) dapat mempengaruhi produksi sperma atau mengurangi ukuran testis Anda.
  • Obat-obatan terlarang seperti ganja dan kokain

5. Minuman keras

Minum minuman keras sebanyak 3-4 unit alkohol dalam sehari dapat merusak kualitas sperma Anda. Jika Anda ingin tetap subur dan meningkatkan peluang Anda untuk menimang momongan, sebaiknya segera hindarilah minuman keras atau alkohol. Atau paling mudahnya, potonglah porsinya hingga Anda minum seminim mungkin.

Kini, Anda sudah mengerti bukan jika kesuburan tidak hanya tentang sistem reproduksi sang istri? Oleh karenanya, untuk mendapatkan momongan diperlukan adanya kesuburan baik dari suami dan istri. Dan jika hal-hal di atas ada yang terjadi pada Anda para calon Ayah, berdiskusi dengan istri untuk mendapatkan dukungan dan cari solusinya bersama-sama sudah selayaknya dijajali.

Tetap semangat, para calon Ayah! Jangan pernah berhenti mencoba dan tetap nantikan artikel terkini dari akuinginhamil.com!