Pentingnya Vitamin D Bagi Kesuburan dan Kehamilan!

Vitamin D - via jabuka.tv

Vitamin D – via jabuka.tv

Sudahkah Anda memenuhi kebutuhan vitamin D Anda hari ini? Vitamin ini amat penting untuk tubuh, terutama untuk kehamilan. Ia membantu tubuh dalam menyerap dan mengatur mineral berupa kalsium dan fosfat dari makanan yang Anda konsumsi.

Kekurangan vitamin ini disinyalir menyebabkan bayi kekurangan vitamin D dan menderita rakhitis. Untuk ibu, bisa menyebabkan persalinan prematur, diabetes gestasional, dan pre-eklampsia. Anda ingin tahu fakta lain tentang vitamin D? Mari kita simak poin-poin berikut!

  1. Kebanyakan vitamin D yang kita dapatkan, bersumber dari sinar matahari. Namun, beberapa makanan juga bisa menjadi sumber yang baik.
  2. Vitamin ini dapat diperoleh dari ikan yang berminyak (salmon dan sarden). Selain itu, telur, sereal sarapan, dan susu bubuk merupakan sumber yang juga baik.
  3. Vitamin ini sangat penting untuk mencegah osteoporosis. Studi menunjukkan bahwa kalsium dan vitamin D secara bersamaan, dapat meningkatkan kepadatan tulang pada wanita pos menopause. Vitamin D juga membantu mengatasi gangguan lainnya, yang berhubungan dengan kelemahan tulang seperti rakhitis. Anda yang ingin hamil pun, pasti tidak akan mau melewatkan vitamin ini. Sebab selama proses kehamilan sembilan bulan nanti, Anda juga dituntut memiliki tulang yang kuat untuk menunjang berat badan yang semakin meningkat.
  4. Meskipun bisa mendapatkan cukup vitamin D dari sinar matahari, sekelompok orang masih punya potensi kekurangan. Kelompok itu adalah wanita hamil dan menyusui, bayi dan balita, orang yang usianya di atas 65 tahun, mereka yang tak pernah terpapar matahari dalam jangka panjang, serta orang yang berlatar belakang kulit lebih gelap (Afrika, Afrika-Karibia, dan Asia Selatan).
  5. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan masalah hormon. Di samping masalah hormon, lemah otot dan nyeri, serta gejala lain bisa terjadi.
  6. Suplemen vitamin D bisa menjadi solusi atasi kekurangan vitamin D.
  7. Suplemen vitamin ini memiliki beragam bentuk. Selain dalam bentuk tablet, ada pula yang berbentuk vitamin tetes. Biasanya, vitamin tetes lebih ditujukan untuk anak-anak.
  8. Wanita hamil dan menyusui direkomendasikan mengambil suplemen vitamin harian yang mengandung 10 mikrogram vitamin.
  9. Semua bayi dan anak-anak berusia 6 bulan hingga 5 tahun, bisa mengambil suplemen vitamin dalam bentuk vitamin tetes.
  10. Setidaknya, vitamin tersebut mengandung 7,0-8,5 mikrogram vitamin D per hari. Bayi yang diberi susu formula, tidak perlu vitamin tetes sampai menerima kurang dari 500 ml susu formula per harinya. Ini karena komposisi susu formula sendiri sudah diperkaya dengan vitamin D
  11. Bayi yang menyusui mungkin harus mendapatkan vitamin tetes, jika ibunya tidak mengambil suplemen vitamin D sepanjang hamil. Bayi tersebut bisa mulai mendapatkan vitamin tetes semenjak berusia satu bulan.
  12. Kelebihan vitamin D juga berbahaya, apalagi bila dikonsumsi dalam waktu lama. Kelebihan vitamin menyebabkan terlalu banyak kalsium diserap tubuh. Dampaknya pada gangguan ginjal dan tulang menjadi lembut/lemah.
  13. Mengambil vitamin di bawah 25 mikrogram tidak akan menyebabkan kerusakan apa-apa.
  14. Anda tidak akan kelebihan vitamin dari sinar matahari. Namun, pastikan Anda mendapatkan paparan yang seimbang agar terhindar dari kulit terbakar dan kanker kulit.
  15. Untuk Anda yang mencoba hamil, ada suplemen yang tak hanya mengandung vitamin D, tapi dilengkapi dengan vitamin dan mineral lainnya! Suplemen itu adalah FertilAid for Women! Sesuai namanya, suplemen ini ditujukan untuk kesuburan wanita. Di dalamnya terkandung vitamin D3 (cholecalciferol) 400 UI. Tak hanya sekedar mengatur penyerapan kalsium dan fosfat, vitamin ini bisa diandalkan untuk mencegah kanker. Khususnya, kanker endometrium. Semakin lengkap lagi dengan adanya Red Clover, yang mengandung kalsium. Keduanya tersedia dalam dosis seimbang beserta vitamin dan mineral lainnya, khusus untuk produksi sel telur yang sehat.
  16. Untuk pria, ada juga FertilAid for Men! FertilAid for Men diperkaya dengan vitamin D (cholecalciferol) 400 UI. Jika suami Anda juga mengambil suplemen ini, berbarengan dengan dikonsumsinya FertilAid for Women, semua kebutuhan nutrisi untuk hamil pasti tercukupi. Kesuburan pria dan wanita pun sama-sama prima!

Bagaimana dengan Anda? Sudah siap mencukupi kebutuhan vitamin D sebelum mendapatkan kehamilan? Pastikan FertilAid sebagai pilihan Anda dan suami! Tetap semangat dan selamat merencanakan kehamilan, ya!