Perawatan Kesuburan ICSI: Untuk Siapa, Berapa Lama, Kesuksesan, dan Keuntungannya

Hamil lewat perawatan kesuburan ICSI - via imujer.com

Hamil lewat perawatan kesuburan ICSI – via imujer.com

Perawatan kesuburan ICSI telah dikenal dunia medis selama lebih dari dua dekade. Meski sudah berumur cukup lama, ia masih dianggap sebuah terobosan untuk mengatasi infertilitas pria dan problem lain yang mengakibatkan pembuahan sel telur sulit terjadi. Dengan metode ini, satu sperma langsung disuntikkan ke dalam satu sel telur.

ICSI selalu digunakan bersama program bayi tabung (In Vitro Fertilisation). Berdasarkan data dari laman babycenter.com, metode ini telah dilakukan pada lebih dari 65% prosedur bayi tabung. Hasilnya, lebih dari 18.000 bayi lahir di Amerika Serikat per tahunnya. Jumlah yang tidak sedikit, bukan?

Siapa Saja yang Bisa Menjalani Prosedur ICSI?

ICSI adalah pilihan yang baik jika Anda atau suami Anda memiliki kasus berikut:

1. Tidak ada sperma dalam semen (air mani) suami
2. Jumlah sperma yang rendah
3. Sperma bergerak lambat (motilitas sperma rendah)
4. Bentuk sperma kurang lazim
5. Vas deferens (saluran yang membawa sperma dari testis ke penis) rusak atau hilang
6. Pernah menjalani vasektomi
7. Pernah mencoba program bayi tabung tapi masih ada masalah selama proses pembuahan

Selain karena kasus di atas, dokter mungkin akan menyarankan penggunaan ICSI jika sel telur beku dari siklus bayi tabung sebelumnya, masih ada dan hendak digunakan. Atau jika Anda ingin embrio Anda menjalani tes genetik terlebih dahulu sebelum ditempatkan ke rahim istri.

Berapa Lama Perawatan ICSI Berjalan?

Kira-kira, dbutuhkan empat hingga enam minggu untuk melengkapi satu kali prosedur bayi tabung lengkap dengan ICSI. Anda atau suami harus menunggu ovarium istri agar merespon obat kesuburan dan sel telur matang. Ketika mengambil obat kesuburan, istri juga diwajibkan mengunjungi dokter setiap dua atau tiga hari. Tujuan kunjungan tersebut adalah menjalani tes darah dan USG.

Pada hari pengambilan sel telur, Anda dan istri akan menghabiskan beberapa jam di klinik dokter. Saat itu pula, sperma suami dan sel telur istri dikumpulkan. Tiga sampai lima hari setelah pengumpulan, istri akan kembali lagi ke dokter. Kunjungan kali ini adalah untuk memasukkan embrio ke dalam uterus istri. Proses ini memakan waktu sekitar satu jam. Dua minggu kemudian, tes kehamilan baru bisa dilaksanakan.

Bagaimana Tingkat Kesuksesan ICSI?

Soal kesuksesannya, tingkat kehamilan dan kelahiran hidup dari program bayi tabung ICSI sama saja dengan bayi tabung tradisional tanpa ICSI. Data nasional Amerika Serikat menyebutkan persentase siklus bayi tabung dalam kelahiran hidup (paling tidak ada satu bayi lahir) sekitar 41% untuk usia di bawah 35 tahun, 31% untuk usia 35-37 tahun, 22% untuk usia 38-40 tahun, dan 12% untuk usia 41-42 tahun.

Keuntungan Perawatan Kesuburan ICSI

– Membantu Pria Infertil

ICSI merawat sejumlah kasus infertilitas pria yang tidak bisa dirawat oleh perawatan kesuburan lainnya. Khususnya untuk pria yang tidak memproduksi sperma atau hanya memiliki sedikit sperma agar bisa menjadi ayah.

– Meningkatkan Peluang Pembuahan

Jika program bayi tabung yang dijalani tidak sukses lantaran masalah pembuahan sel telur, menambahkan ICSI ke perawatan atau siklus bayi tabung selanjutnya akan menambah peluang pembuahan. Ini karena embriologis dilibatkan langsung dalam sejumlah proses di laboratorium.

– ICSI Akan Membantu Ketika Anda Sudah Memiliki Sel Telur yang Dibekukan

ICSI biasanya direkomendasikan ketika ada sel telur dibekukan dan dipakai dalam program bayi tabung. Karena sel telur bisa mengalami perubahan tertentu selama proses pembekuan, para ahli percaya kalau ICSI adalah cara yang lebih efektif untuk menyuburkannya kembali.

Jika Anda dan istri sepakat menjalani prosedur perawatan kesuburan ICSI, pastikan persiapan matang telah Anda lakukan. Mulai konsultasi masalah dokter, tenaga, emosi, waktu, hingga dana. Di Amerika Serikat, biaya prosedur ICSI bervariasi, tergantung pada obat, daerah tempat prosedur dilakukan, serta apakah asuransi bisa membiayainya. Untuk prosedur bayi tabung saja, biayanya mencapai 12.400 dolar Amerika per perawatan. Apabila menambahkan prosedur ICSI, biaya yang perlu ditambahkan sebesar 1.500 dolar Amerika.