Seberapa Penting Nutrisi untuk Kehamilan?

Seberapa Penting Nutrisi untuk Kehamilan?Apakah anda ingin hamil? Mungkin anda telah mencoba berbagai cara cepat hamil?  Mungkin sebagian besar kita akan memikirkan terapi, diagnostik pencitraan yang canggih, pengobatan ampuh dan prosedur berteknologi tinggi.

Tunggu dulu…

Sebelum memulai semua prosedur pemeriksaan dan terapi yang memakan banyak biaya,  sebaiknya anda terlebih dahulu memperhatikan diet dan pola makan anda.  Memang banyak yang mengatakan bahwa memilih makanan dan minuman tertentu sebagai salah satu cara untuk mempengaruhi kemungkinan anda untuk hamil terdengar seperti dongeng.

Saat teknologi kedokteran saat ini sangat canggih, para tenaga kesehatan memberikan perhatian pada peranan nutrisi yang memegang peranan penting dalam merangsang kehamilan.  Sementara itu banyak wanita yang tidak serius memperhatikan makanan sehat dan bergizi sampai mereka hamil.

Pertama-tama, pantau berat badan anda. Asupan makanan, apakah terlalu banyak atau terlalu sedikit telah diketahui menjadi faktor kontribusi yang mempengaruhi kehamilan selama bertahun-tahun.  Berat badan rendah atau justru berlebih dapat menyebabkan sistem reproduksi anda tidak teratur. Hal tersebut menyebabkan ovulasi anda terganggu.  Ovarium dan sel-sel lemak bertugas mengatur estrogen.  Jika anda kurus, maka tubuh anda hanya memperoduksi sedikit estrogen, dan jika berat badan anda berlebih, tubuh anda akan memproduksi estrogen terlalu banyak estrogen. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter anda mengenai berat badan yang ideal untuk anda.

Jika berat badan anda tidak bermasalah, tetapi anda mengalami infertilitas, apakah mengubah pola makan anda akan mempengaruhi peluang anda untuk hamil?   Ternyata pola makan tidak sehat, seperti terlalu banyak asupan yang mengandung lemak trans, protein hewani, dan tinggi karbohidrat dapat mengganggu ovulasi.

Berikut ini 5 jenis makanan yang dipercaya dapat merangsang kehamilan.

#1 – Biji Bunga Matahari

Biji Bunga MatahariBentuknya memang kecil, akan tetapi biji bunga matahari mengandung banyak manfaat nutrisi. “Biji bunga matahari kaya nutrisi seperti Zinc yang sangat merupakan nutrisi paling penting untuk fertilitas pria dan wanita,” kata Jason Jackson, penulis Buku Making Babies.

Biji bunga matahari juga mengandung banyak protein yang juga sangat penting untuk fertilitas.

#2 – Ikan Salmon

ikan salmonIkan salmon mengandung banyak asam lemak omega-3 yang dipercaya dapat memperkecil resiko keguguran. “Minya ikan seperti pada ikan salmon dan ikan cod dapat membantu mengatur hormon seks, juga dapat membantu mengendalikan respon inflamasi berbagai organ tubuh,” kata Jackson.  “Respon atas inflamasi yang berlebihan dapat menyebabkan keguguran.”

Anda dapat menyajikan minyak ikan dua hingga tiga kali seminggu dalam diet anda.

#3 – Brokoli

BrokoliAsupan brokoli atau sayuran hijau lainnya harus ditingkatkan. Mengapa? Ternyata brokoli mengandung fitosterol yang tinggi yang membantu sistem hormon dan khususnya penting bagi wanita yang ingin hamil.  Sangat penting untuk mencegah agar estrogen dalam tubuh tidak berlebihan. Kondisi ini terjadi pada wanita usia 30 tahun atau lebih. Brokoli juga mengandung banyak magnesium dan klorofil yang mempunyai efek detokfisikasi terhadap tubuh.

#4 – Daging merah

Daging merahZat besi dibutuhkan diperlukan untuk memberikan energi yang anda butuhkan untuk merangsang fertilitas.  Juga untuk memperlancar aliran darah.  dr.Themi Garagounis mengatakan bahwa daging merah adalah sumber zat besi yang baik dan juga menyediakan protein yang menjadi bangunan dasar hormon. Bayam juga sebenarnya baik, akan tetapi untuk memperoleh banyak zat besi seperti pada daging merah, anda harus mengkonsumsi banyak sekali bayam. Garagounis merekomendasikan wanita untuk mengkonsumsi sekitar 100 gram daging merah tanpa lemak sebanyak tiga kali seminggu untuk mempersiapkan tubuh mereka mengandung bayi.

#5- Beras Merah

beras merahMenyajikan beras merah dalam diet anda sebanyak tiga kali seminggu dapat menjaga kadar glukosa darah anda.  Menjaga kadar glukosa darah sangat penting dalam merangsang fertilitas.  Anda tentunya tidak ingin, produksi insulin yang berlebihan akan menganggu siklus menstruasi anda.  Karbohidrat kompleks seperti pada beras merah, gandum utuh, kacang-kacangan dan sayuran akan menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh anda.  Selain itu, gandum utuh juga mengandung asam folat yang membantu produksi sel darah merah dan sangat penting bagi anda jika telah hamil.  Asam folat ini akan mencegah cacat janin seperti neural tube defect.